Digitalisasi pelayanan publik telah menjadi sebuah keniscayaan di era pascapandemi. Bukan tanpa alasan, digitalisasi pelayanan publik bermanfaat bagi masyarakat dan internal penyelenggara layanan publik karena dapat meningkatkan kinerja sekaligus mempercepat layanan.
Riset McKinsey&Company tentang Digital Public Service mengungkap, pada 2020 lalu digitalisasi pelayanan publik telah menghemat 50 persen waktu pelayanan dan anggaran yang dikeluarkan oleh lembaga publik. Riset yang sama juga mengungkap bahwa digitalisasi pelayanan publik meningkatkan efisiensi bekerja hingga 60 persen.
Lantas, seberapa besar peran digitalisasi pelayanan publik terhadap peningkatan kepuasan pelanggan? Adakah solusi untuk memastikan digitalisasi pelayanan publik berjalan mulus? Berikut penjelasan lengkapnya.
Pentingnya Digitalisasi Pelayanan Publik
Era pandemi COVID-19 tak dipungkiri telah mengubah kebiasaan kita, termasuk cara berinteraksi, berkomunikasi, hingga pelayanan pemerintah. Kondisi ini pada akhirnya mendorong gencarnya adopsi teknologi di berbagai sektor, termasuk digitalisasi pelayanan publik.
Pemerintah pun gencar mengubah pelayanan menjadi online dan mengintegrasikan sejumlah area layanan demi memangkas proses kerja dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Termasuk dengan cara memfasilitasi pegawai dengan device dan aplikasi yang dapat mempercepat proses pelayanan masyarakat. Di samping itu, device dan aplikasi ini juga memudahkan proses kerja karyawan hingga membuat report.
Di sisi lain, penggunaan device dan aplikasi oleh karyawan di bidang pelayanan publik justru memberikan tantangan baru bagi pemerintah. Hal itu lantaran pemerintah tak bisa mengontrol, mengelola, dan memastikan apakah penggunaan device dan aplikasi dipakai untuk menunjang proses kerja. Bukan tak mungkin jika device justru digunakan untuk keperluan pribadi.
Nah, untuk memastikan hal itu tidak terjadi, maka mengelola dan me-monitor penggunaan device secara mudah hanya melalui satu dashboard. Helios Mobility Suite (HMS) dari Helios dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan tersebut, sehingga dapat memastikan proses digitalisasi pelayanan publik berjalan tanpa kendala.
HMS, Solusi Pendukung Digitalisasi Pelayanan Publik
Helios Mobility Suite (HMS) merupakan solusi yang dapat mendukung proses digitalisasi pelayanan publik sehingga instansi pemerintahan dapat memantau, melacak, hingga menjaga keamanan perangkat secara remote dan real-time. Dengan begitu, karyawan dapat fokus hanya pada tugas-tugas inti yang harus dikerjakan dengan menggunakan HMS.
HMS sebagai solusi Mobile Device Management (MDM) akan mengelola device dan aplikasi management Android yang digunakan oleh instansi pemerintah secara rapi dalam satu dashboard yang intuitif dan terintegrasi. Hal ini tentu akan memudahkan instansi pemerintah saat harus mengelola banyak device yang telah disalurkan ke pegawai di berbagai pelosok negeri sehingga pelayanan di sektor publik dapat ditingkatkan.
Selain mengelola device dan aplikasi dalam jumlah besar, HMS juga akan memastikan pengguna tidak menggunakan perangkat untuk kepentingan pribadi dan lainnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan kerja. HMS akan otomatis merilis update aplikasi, memblokir aplikasi yang tidak mendukung kinerja karyawan, hingga memblokir fake GPS.
Berikut beberapa fitur unggulan HMS untuk memaksimalkan proses digitalisasi pelayanan publik.
Application Management
Membantu push aplikasi HR untuk permudah mencatat absen karyawan, termasuk melakukan report pekerjaan.
Security & Control
Jaga keamanan data yang tersimpan di device, bahkan ketika terjadi kehilangan, dan dapat melakukan wipe data secara remote.
Push Notification
Berikan informasi atau edukasi ke semua pegawai dalam bentuk teks, gambar, dan link.
Application Management
Batasi beberapa fitur di device, sehingga dapat memastikan hanya digunakan untuk bekerja bukan keperluan pribadi. Perusahaan juga dapat meng-instal fitur pendukung lainnya.
GPS Tracking
Kemudahan mapping area dengan melacak posisi device secara real-time, bahkan saat digunakan di area terpencil.
Keuntungan Solusi HMS di Berbagai Sektor Pelayanan Publik
Berbagai tantangan yang dihadapi oleh sektor pelayanan publik, mulai dari keamanan dan kepolisian, kebersihan, pekerja lapangan, hingga pendidikan tentu membutuhkan solusi andal. Kepolisian dan keamanan kerap menghadapi tantangan saat melakukan tugas harian yakni operasi penertiban di lapangan, bahkan tak sedikit pelanggaran lalu lintas akibat absennya petugas.
Senada dengan itu, sektor kebersihan juga menghadapi tantangan terkait titik-titik jalan yang belum dibersihkan hingga jadwal pengangkutan sampah yang sulit di-monitor secara real-time. Pekerja lapangan juga dituntut untuk dapat memantau progress proyek pemerintah secara akurat. Sedangkan sektor pendidikan juga kerap terkendala pada distribusi bahan pelajaran yang mayoritas diberikan secara online.
Untuk mengatasi berbagai tantangan yang tersebut, HMS dapat menjadi solusi andal yang didukung dengan sejumlah keuntungan berikut ini.
1. Sektor Keamanan dan Kepolisian
- Membantu tugas harian petugas keamanan di beberapa titik
- Patroli jalan dan operasi lapangan
- E-tilang (tilang elektronik)
2. Sektor Kebersihan
- Petugas kebersihan jalan dapat memberikan laporan kerja harian di setiap titik
3. Sektor Pekerja Lapangan
- Monitoring proyek pembangunan di suatu area
- Surveyor pemerintahan di sejumlah titik tertentu
4. Sektor Pendidikan
- Subsidi device ke sekolah-sekolah untuk guru, staf, dan siswa sehingga dapat memudahkan akses pelajaran
Mengapa HMS Jadi Solusi yang Mampu Mendukung Digitalisasi Pelayanan Publik
HMS dapat menjadi solusi tepat untuk mendukung digitalisasi pelayanan publik dengan serangkaian keunggulannya. Berikut tiga alasan mengapa HMS menjadi solusi canggih untuk sektor pelayanan publik.
Produk Buatan Dalam Negeri
HMS merupakan 100 persen produk lokal yang dikembangkan oleh tim IT Helios. Selain itu, HMS juga telah mengantongi sertifikasi TKDN dan tersedia di e-catalogue LKPP.
Efektif Digunakan di Instansi Pemerintah
HMS sudah terbukti dapat membantu berbagai instansi pemerintahan dalam mengelola device yang digunakan di berbagai daerah.
Tampilan dan Fitur Bisa Di-custom
Logo dan fitur HMS dapat di-custom sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi pemerintah.
Baca Juga: Zero Touch Enrollment Permudah Onboarding Device Anti Ribet
Dapatkan Solusi HMS di Helios
Dapatkan solusi HMS di Helios Informatika Nusantara yang memberikan kemudahan instalasi. Teknologi zero touch memastikan proses instalasi HMS lebih cepat dan praktis.
Untuk memastikan pelayanan maksimal, HMS juga didukung dengan tim pre-sales dan post-sales yang siap membantu 24/7 jika mengalami kendala. Berencana memulai digitalisasi instansi Anda? Hubungi kami dengan melalui link berikut
Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group