Monitoring sales merupakan salah satu tugas wajib untuk memastikan apakah target perusahaan, target penjualan, hingga performa sales tersebut telah tercapai atau belum. Dengan melakukan monitoring sales, perusahaan dapat mengumpulkan dan menganalisis data penjualan untuk mengetahui tren penjualan dan meningkatkan efisiensi operasional.
Perlu diingat bahwa perusahaan perlu menentukan tujuan monitoring sales agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Untuk itu, perusahaan perlu menerapkannya dengan cara yang efektif.
Lantas, adakah trik mudah dan efektif melakukan monitoring sales, terutama bagi industri multifinance? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Perkembangan Industri Multifinance di Indonesia
Sebelum membahas lebih dalam mengenai penerapan monitoring sales bagi perusahaan multifinance, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu sejauh mana perkembangan industrinya di Indonesia. Mengutip Republika,, menurut data Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), perusahan multifinance berhasil mencapai pertumbuhan sebesar 13 persen YoY pada Juni 2023.
Pertumbuhan tersebut didominasi dari modal kerja (32 persen), pembiayaan investasi (17,57 persen), dan pembiayaan multiguna (12,25 persen). Hal ini menunjukkan pertumbuhan perusahaan multifinance yang sangat baik dan adanya kepercayaan dari perbankan.
Hal senada juga terungkap dalam laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mencatat peningkatan NPL (Non-Performing Loan) pada tingkat risiko pembiayaan yang cukup terkendali pada industri multifinance. Sebelumnya pada Desember 2022 OJK juga mencatat adanya perkembangan dan pertumbuhan industri multifinance setiap tahunnnya. Secara akumulatif, OJK mencatat laba bersih 153 pemain multifinance mencapai Rp20,36 triliun, naik 33,17 persen YoY dari periode sebelumnya senilai Rp15,28 triliun.
Pertumbuhan ini sejalan dengan meningkatnya adopsi teknologi dan digitalisasi perusahaan multifinance yang memudahkan aktivitas sales, surveyor, dan kolektor saat bekerja di lapangan. Perusahaan diketahui telah melengkapi karyawan dengan perangkat pintar dan aplikasi khusus. Hal ini terbukti dari data yang menunjukkan penggunaan corporate device naik 10-15 persen setiap tahunnya.
Kendati begitu, proses digitalisasi tak lantas membuat perusahaan multifinance luput dari berbagai tantangan. Kendala seperti device hilang, fake GPS, hingga kebocoran data hanya secuil dari sekian banyak tantangan yang harus diatasi oleh perusahaan multifinance.
7 Tantangan yang Dihadapi Pelaku Industri Multifinance
Seperti yang telah disinggung sekilas, dalam praktek digitalisasi tentu perusahunaan multifinance kerap menghadapi serangkaian tantangan. Terlebih bagi perusahaan dengan ratusan hingga ribuan device yang digunakan oleh sales, surveyor, dan kolektor yang sudah tersebar di berbagai lokasi.
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh tantangan yang kerap dihadapi oleh perusahaan multifinance:
- Kesulitan mengelola banyak device yang sudah tersebar.
- Instalasi dan update aplikasi masih dilakukan secara manual.
- Kesulitan melacak dan menyimpan riwayat perjalanan karyawan selama berada di lapangan.
- Kerap terjadi penyalahgunaan perangkat perusahaan untuk keperluan pribadi.
- Kesulitan mengatur tampilan device agar lebih profesional.
- Kesulitan mencari dan mengamankan device ketika terjadi kerusakan atau kehilangan.
- Kesulitan mengamankan data sensitif perusahaan yang tersimpan di dalam device.
Nah, untuk membantu perusahaan multifinance mengatasi semua tantangan di atas, tentu dibutuhkan solusi dan trik jitu. Helios Mobility Suite (HMS) hadir sebagai solusi yang dapat me-monitor aktivitas sales secara real-time sekaligus memudahkan pengelolaan perangkat dalam jumlah banyak yang tersebar hanya melalui satu dashboard.
Baca Juga: Lika-liku Sales Force Automation untuk Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Penjualan
Trik Monitoring Aktivitas Sales Lebih Mudah dengan HMS
Helios Mobility Suite (HMS) adalah solusi mobile device management yang dapat menunjang mobilitas karyawan multifinance. HMS merupakan solusi inovatif yang dapat mengelola ratusan hingga ribuan perangkat yang tersebar secara mudah hanya melalui satu dashboard. Berikut serangakaian fitur canggih HMS yang dapat memudahkan monitoring aktivitas sales di lapangan.
1. Zero Touch
Lakukan instalasi dan manage ratusan hingga ribuan device yang tersebar di lapangan dengan lebih mudah hanya dalam satu dashboard. Proses enrollment HMS dapat dilakukan secara digital atau online tanpa harus mengumpulkan device yang sedang digunakan, sehingga operasional karyawan di lapangan tidak terganggu.
2. Application Management
Kelola dan kontrol aplikasi, termasuk untuk keperluan instal dan update hanya untuk aplikasi tertentu sajayang mendukung produktivitas kerja. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan mengontrol aplikasi apa saja yang boleh dan tidak di perbolehkan berada di device karyawan, sehingga karyawan tidak bisa menginstal aplikasi secara sembarangan untuk kepentingan pribadi.
3. GPS Tracking
Lacak lokasi sales, kolektor, dan surveyor saat berada di lapangan mengunjungi customer melalui location tracking. Fitur ini juga bisa mengecek rute kunjungan lapangan selama 30 hari terakhir untuk mengetahui apakah mereka benar benar melakukan kunjungan ke tempat customer.
4. Device Restriction
Batasi fitur di device untuk hindari penyalahgunaan perangkat. Perusahaan dapat membatasi beberapa fitur saja, agar device hanya digunakan untuk keperluan bekerja saja dan tidak digunakan secara pribadi seperti menonton film, main games, mengakses sosial media, sehinga membatasi link dan fitur sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
5. Wallpaper Configuration
Atur penggunaan wallpaper ke semua device dengan mudah secara otomatis, sehingga tampilan device terlihat lebih profesional ketika digunakan mengunjungi customer. Penggunaan wallpaper juga sebagai dapat menunjukkan kredibilitas bahwa karyawan bersangkutan memang berasal dari perusahaan secara resmi.
6. Security and Control
Temukan dan amankan device ketika terjadi kehilangan untuk memproteksi data di dalam perangkat agar tidak terjadi kebocoran data. Fitur ini akan otomatis mematikan fungsi Bluetooth, memblokir akses ke aplikasi third party, mematikan fungsi kamera dan screenshot, hingga force password terhadap device yang digunakan. Fitur remote wipe akan membantu perusahaan menghapus data secara remote melalui dashboard HMS, sehingga data perusahaan tetap aman dan device otomatis terkunci tidak dapat digunakan dengan fitur force lockdown.
Mengapa HMS Cocok untuk Monitoring Aktivitas Sales?
HMS yang memiliki tujuh fitur canggih seperti dipaparkan di atas merupakan solusi inovatif yang cocok untuk memantau aktivitas sales, surveyor, hingga kolektor saat berada di lapangan. Berikut tiga alasan yang menjadikan HMS sebagai pilihan tepat.
1. Impelementasi Mudah
Proses instalasi lebih mudah, praktis, dan cepat dengan teknologi zero-touch.
2. Pelayanan Maksimal
Sebagai produk buatan dalam negeri, HMS memiliki local support yang siap membantu 24/7 jika perusahaan multifinance Anda mengalami kendala atau request tertentu.
3. Fitur Dapat Disesuaikan
Fitur-fitur HMS dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, serta dibanderol dengan harga yang dapat menyesuaikan.
Baca Juga: Tingkatkan Aksesibilitas dengan Digitalisasi Pelayanan Publik
Pantau Aktivitas Sales Anda dengan HMS dari Helios
Nah, kini giliran perusahaan multifinance Anda yang memantau aktivitas sales, surveyor, dan tim kolektor dengan mudah mengugnakan solusi Helios Mobility Suite (HMS).
Sebagai produk buatan lokal, Helios Informatika Nusantara memiliki tim pre-sales dan post -sales yang memastikan pelayanan optimal untuk membantu Anda selama 24.7 mulai dari tahap konsultasi hingga after sales support. Tertarik untuk me-monitor seluruh aktivitas tim di lapangan? Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dengan hubungi link berikut.
Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group